Cara Daftar Akun SNPMB 2024 untuk Siswa Gap Year, Masih Dibuka hingga Tanggal 15 Februari 2024


Petanahan (29/01/2024) - Pendaftaran akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 untuk siswa Gap Year dan Yang Lulus Tahun 2024 masih berlangsung hingga 15 Februari 2024. Proses ini wajib dilakukan oleh seluruh calon peserta SNBP ataupun SNBT 2024  

 "Bagi siswa yg lulus 2 tahun yang lalu, 2022, 2023, ini wajib. Termasuk tentu yang lulus 2024. Artinya semua siswa itu wajib punya akun SNPMB.

Pendaftaran dilakukan secara terpadu melalui Portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Namun, sebelum mendaftar, siswa perlu periksa kembali data NISN miliknya yang ada di daftar Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) masih aktif.

Karena jika tidak aktif ataupun ada kesalahan data, siswa perlu melakukan verifikasi dan validasi data alumni pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan.

Berikut cara untuk verifikasi dan validasi data alumni sekaligus mendaftar akun SNPMB bagi siswa gap year  

 
Cara Verifikasi dan Validasi NISN Siswa yang Sudah Lulus


1. Buka laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/

2. Isi data yang dibutuhkan seperti:

Identitas: NISN (tuliskan jika memiliki), NIK (NIK sesuai yang terdata di Dukcapil bisa dilihat di KTP ataupun KK), Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nama Ibu Kandung, dan Email.

Profil lulusan SMA/Sederajat: Tahun ajaran lulus SMA/Sederajat, Sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMA/Sederajat.
Profil lulusan SMP/Sederajat: Tahun ajaran lulus SMP/Sederajat, Sekolah lulusan, peminatan, dan unggah ijazah SMP/Sederajat.


3. Klik "Ajukan" untuk mengirimkan data

4. Cek dan pantau secara berkala hasil pengajuan melalui laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/vervalLulusan/pengajuan/status menggunakan email yang digunakan saat pengajuan.

5. Nantinya akan terlihat status pengajuan apakah data NISN sudah benar atau belum.

Sedangkan untuk mengecek NISN yang sudah benar bisa dilihat di laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

Cara Daftar Akun SNPMB  Bagi Siswa Gap Year (Lulusan Tahun 2022 & 2023)

1.      Buka Portal SNPMB https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

2.      Klik tombol Daftar.  

3.      Di halaman selanjutnya klik lagi tombol Daftar di bagian akun siswa.

4.      Masukkan data yang dibutuhkan seperti NISN, NPSN, dan tanggal lahir sesuai dengan data Pusdatin dan klik Selanjutnya.

5.      Cek data yang ditampilkan dan masukkan kembali data yang dibutuhkan seperti email, konfirmasi email, password, dan konfirmasi password. Disarankan menggunakan Gmail.

6.      Centang pernyataan bahwa seluruh data benar dan klik tombol Submit.

7.      Lakukan aktivasi email untuk melanjutkan pendaftaran akun SNPMB dengan klik link yang ada di kotak masuk atau spam pada email yang didaftarkan.

8.      Peserta akan dialihkan ke sebuah laman konfirmasi bila email sudah aktif menjadi akun SNPMB.

9.      Namun bila detikers sudah menggunakan akun Gmail dan dalam jangka waktu 15 menit belum mendapatkan email aktivasi, kamu diperbolehkan mencoba mendaftar akun SNPMB dengan email aktif lainnya.


Itulah cara mendaftar akun SNPMB 2024 magi Siswa Gap Year. Masih ada waktu hingga 15 Februari 2024, jadi jangan sampai terlewat.


Sumber : dari berbagai sumber internet.

Copyright © 2020 - 2024 SMA NEGERI 1 PETANAHAN